HEAD OFFICE
AJK Center
Komplek Bidex Blok F16-17
Jl.Pahlawan Seribu, CBD BSD City
Telp. +62 21 531 67 889.
Fax. +62 21 531 67 899
www.agrisatwa.com
Contact :dwi@agrisatwa.com

KPPU Apresiasi Langkah Pemerintah Perbaiki Distribusi Daging Sapi

 Bisnis.com, JAKARTA—Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian khusus terkait permasalahan mahalnya daging sapi.
Pemerintah berupaya mengatas masalah ini dengan mendatangkan sapi langsung dari daerah penghasil melalui kapal khusus pengangkut ternak.
Melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Minggu (13/12/2015),KPPU menilai bahwa langkah pemerintah yang diawali dengan pengiriman perdana sekitar 350 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur menuju Jakarta pada Jumat (11/12/2015) kemarin tidak sekadar pilot project.
“Namun juga dapat menjadi salah satu pemicu perbaikan dalam pola distribusi daging sapi yang selama ini diduga rentan dipermainkan oleh pihak tertentu yang pada akhirnya mengakibatkan tingginya harga daging sapi,” tulis keterangan resmi tersebut.
Guna memperoleh hasil yang optimal, KPPU menilai terobosan yang dilakukan ini harus dilakukan secara konsisten dan masif. Oleh karena itu, disamping pemerintah, KPPU mengharapkan keterlibatan pelaku usaha swasta lainnya dalam pola distribusi sapi melalui kapal angkut ternak.
KPPU meyakini langkah perbaikan distribusi daging sapi ini jika dijalankan dengan konsisten dan masif akan dapat memperkecil munculnya praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat, khususnya kartel daging sapi.

www.desaingue.com